Jumat, 27 Januari 2017

Materi: Penyaluran Air Buangan dan Drainase

Sistem penyaluran air limbah  adalah  suatu rangkaian bangunan  air yangberfungsi untuk mengurangi atau membuang air limbah dari suatu kawasan/lahanbaik itu dari rumah tangga maupun kawasan industri. Sistem penyaluran biasanyamenggunakan sistem saluran tertutup dengan menggunakan pipa yang berfungsimenyalurkan air limbah tersebut ke bak interceptor  yang nantinya di salurkan kesaluran utama atau saluran drainase.


Drainase atau pengatusan adalah pembuangan massa air secara alami atau buatan dari permukaan atau bawah permukaan dari suatu tempat. Pembuangan ini dapat dilakukan dengan mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Irigasi dan drainase merupakan bagian penting dalam penataan sistem penyediaan air di bidang pertanian maupun tata ruang.
Saluran drainase sering kali dirujuk sebagai drainase saja karena secara teknis hampir semua drainase terkait dengan pembuatan saluran. Saluran drainase permukaan biasanya berupa parit , sementara untuk bawah tanah disebut gorong-gorong di bawah tanah.
Dalam lingkup rekayasa sipil, drainase dibatasi sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal sesuai dengan kepentingan. Dalam tata ruang, drainase berperan penting untuk mengatur pasokan air demi pencegahan banjir. Drainase juga bagian dari usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas.

Berikut Materi Penyaluran Air Buangan dan Drainase  yang dapat teman-teman download:


Jika Link bermasalah segera beritahu, nanti admin secepatnya memperbaikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar